10 September 2012

Terungkap, Alasan Jerawat Masih Menimpa Usia Tua



Jerawat di sekitar wajah kini tak lagi menjadi musuh usia muda, namun juga bisa menyerang usia yang terbilang sudah 'tua'.Mengapa?

Dilansir Time of India, penelitian menyebutkan bahwa 50% perempuan cenderung memiliki jerawat pada usia dewasa, sedangkan 25% orang dewasa bahkan masih berjerawat yang disebabkan oleh beberapa faktor.

Stres

Baru-baru ini para ilmuwan meneliti efek stres pada kulit, antara lain dari segi kesehatan pribadi. Hasilnya, dermatologi di abad ke-21 menyoroti stres dan hasilnya pada kulit.

Studi menunjukkan bahwa sel-sel yang memproduksi sebum zat berminyak memiliki reseptor untuk hormon stres. Kelebihan produksi hormon stres menyebabkan sebum meningkat dan bercampur dengan sel-sel kulit mati dan bakteri, buntu pada folikel sehingga muncullah jerawat.
Jadi, bila Anda sangat stres, sebum akan menghasilkan lebih banyak zat berminyak dan menyebabkan lebih banyak jerawat.

Hormon

Perubahan kadar hormon pada pria dan perempuan, peningkatan sebum yaitu zat berminyak yang diproduksi oleh kelenjar kulit Anda, dan ketidakseimbangan hormon menyebabkan jerawat dewasa.
Siklus menstruasi tidak menentu dan menopause adalah dua fase dalam kehidupan seorang perempuan yang juga dapat menyebabkan jerawat.

Penyebab lain munculnya jerawat dewasa adalah stres, ketidakseimbangan hormon, karena gizi buruk, fungsi organ tubuh yang buruk, dan proses tubuh yang kurang optimal seperti produksi hormon oleh kelenjar.

Polycystic ovary syndrome

Ini terkait erat ketidakseimbangan hormon. Sindrom ovarium polikistik atau PCOS menjadi kekhawatiran yang umum pada perempuan saat ini. Peningkatan yang cepat itu terkait dengan gangguan hormonal yang meningkat karena stres, kebiasaan gaya hidup yang buruk, dan berat badan.

PCOS juga terkait dengan kenaikan berat badan, infertilitas dan rambut wajah yang berlebihan. Efek ini bervariasi pada setiap perempuan.
Jika Anda lebih dari 20 tahun dan masih menghadapi masalah jerawat yang kronis, terutama sekitar masa menstruasi dan jika siklus menstruasi Anda tidak menentu, Anda sebaiknya memeriksakan diri untuk PCOS.

Kehamilan

Perempuan hamil lebih rentan terhadap jerawat dewasa pada bulan-bulan pertama kehamilan. Pergeseran hormon menciptakan ketidakseimbangan yang menyebabkan jerawat. Namun beberapa perempuan hamil juga bisa mengalami kualitas kulit yang lebih baik selama kehamilan

0 comments:

Post a Comment