16 August 2012

Cara Jitu Hadapi Gosip di Kantor!


Kantor penuh dengan berita-berita yang menggosipkan Anda? Tentu ini sangat membuat tidak nyaman, tapi menghindar dari pergaulan di kantor juga bukan cara yang jitu.

Penelitian yang dilakukan oleh University of British Columbia menemukan, seringkali gosip sengaja dihembuskan oleh rekan-rekan kerja untuk mendapatkan konfirmasi yang sebenarnya yang langsung keluar dari mulut orang yang digosipkan. Ini sebenarnya tengah memancing agar yang digosipkan ‘keluar kandang’ dan menceritakan yang sebenarnya.

Seperti dilansir dari genius beauty, tindakan menggosip ini sebenarnya adalah hal wajar dalam kehidupan sosial termasuk di lingkungan pekerjaan.

Demikian menurut Karl Aquino, pemimpin penelitian. Apalagi jika terkait dengan kekuasaan dan keuntungan finansial.

Lalu bagaimana menghadapi gosip yang tidak jarang membuat telinga merah dan hati panas? Sebagian orang memilih untuk mengacuhkannya sementara yang ekstrim adalah mereka yang digosipkan langsung menarik diri dari lingkungan pergaulan kantor sebagai bentuk protes atas gosip itu.

Tindakan itu nyata-nyata bukan tips yang benar. Sebaliknya, para peneliti menyarankan agar mereka yang digosipkan tetap menjaga hubungan baik dan mencoba mengusir pikiran negatif. Katanya, lebih baik melawan gosip dengan kebaikan dan pandangan hal yang positif

“Bersikap baik dan sopan kepada semua rekan Anda, maka mereka akan merasa tidak nyaman untuk gosip yang buat tentang Anda,” tulis penelitian seperti yang sudah dilaporkan dalam jurnal.Perilaku Organisasi dan Proses Keputusan Manusia.

0 comments:

Post a Comment