26 August 2012

Perempuan Sering Lupa Karena Jarang Gosok Gigi ?


Tak sedikit kaum perempuan yang mengalami 'kelupaan' sesaat hal ini oleh sebuah penelitian sering dikaitkan dengan jarangnya menggosok gigi.

Sebuah studi baru yang dilakukan beberapa ilmuwan dari University of California, AS, menyebutkan orang yang jarang gosok gigi terlebih perempuan, atau setidaknya menyikat gigi di bawah 2 kali per hari, berpotensi 65 persen mengalami demensia (kepikunan) di usia lanjut.

Dilansir Reuters, penelitian yang melibatkan 5.500 lansia selama lebih dari 18 tahun ini tak hanya mengacu pada pola pikir namun juga kebiasaan menjaga kesehatan mulut.

"Tak hanya pola pikir Anda akan memprediksi jenis kebiasaan menjaga kesehatan mulut, tetapi juga kebalikannya, pola menjaga kesehatan mulut memengaruhi kesehatan otak, khususnya kemungkinan terkena demensia atau tidak," kata Annlia Paganini-Hill, pemimpin studi tersebut.

Tak hanya itu, Annlia menambahkan bakteri penyebab penyakit gusi bisa masuk ke dalam otak dan menciptakan peradangan serta kerusakan otak.

"Peradangan akibat penyakit gusi terkait bakteri menandakan kondisi yang berisiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes," tegasnya.

0 comments:

Post a Comment