16 August 2012

YouTube Jadi Media Favorit Remaja Dengarkan Musik


Tak dipungkiri lagi jika di era serba digital sekarang ini konsumen lebih sering mendengarkan musik dari smartphone ataupun layanan streaming populer, seperti YouTube.

Fenomena ini tampaknya menjadi trend tersendiri di kalangan remaja. Mereka banyak menghabiskan waktu dengan mendengarkan musik melalui internet.

Menurut hasil studi bernama Music 360 yang dilansir perusahaan riset konsumen, Nielsen, mayoritas remaja saat ini memilih YouTube sebagai platform musik mereka.

Seperti dikutip dari CNet, hasil studi Music 360 tersebut menunjukan 64% dari responden yang sebagian besar adalah remaja mendengarkan musik melalui YouTube. Sedangkan yang masih memilih radio sebagai media untuk mendengarkan musik hanya tercatat sejumlah 48%.

“Aksesibilitas musik telah mendapat ekspansi dan diversifikasi yang luar biasa,” ungkap Senior Vice President of Client Development Nielsen David Bakula.

Meski banyak dari remaja yang mendengarkan musik melalui YouTube, sekitar 50% masih membeli CD, mendengarkan radio dan menggunakan iTunes.

"Pendengar yang lebih muda memilih metode berteknologi maju, sedangkan metode tradisional seperti radio dan info dari mulut ke mulut tetap menjadi pendorong yang kuat,” imbuh Bakula.

Tahun lalu, sebanyak 33% remaja membeli CD dan 51% membeli music download. Remaja juga cenderung lebih update dalam hal musik daripada orang dewasa, 33% remaja membeli lagu digital dalam satu minggu rilis, sementara hanya 21% orang dewasa yang melakukannya.

Bagaimana dengan Anda? Seberapa sering Anda mendengarkan musik melalui YouTube?

0 comments:

Post a Comment