23 August 2012

Mengajarkan Anak Harus dengan Bermain


Mengajarkan beberapa pelajaran dasar pada si kecil sejak dini? Yang harus diingat, ini bisa dilakukan dengan sangat menyenangkan dan jangan terlalu serius.
Daya berpikir si anak memang perlu diasah sejak dini, namun yang harus diingat bahwa harus dilakukan dengan cara menyenangkan dan tidak membuat si kecil terlalu berpikir keras.
Karena dunia anak-anak adalah dunia bermian, maka upayakan perkenalan tentang akademis itu juga harus dilakukan lewat sejumlah permainan yang menyenangkan.
Berikut beberapa permainan yang juga bisa mengenalkan angka-angka kepada si kecil sejak dini.

1. Berapakah jumlahnya?
Siapkan sebuah wadah plastik dan lima bola kecil warna-warni, kemudian mintalah anak Anda memasukkan bola-bola itu ke dalam plastik sambil menghitungnya bersama-sama.

2. Masukkan ke tempat yang benar
Gunakan mainan kayu bongkar besar berbentuk segitiga, lingkaran, persegi yang warna-warni. Lakukan bersama-sama dengan si anak untuk memasukkan kepingan-kepingan itu sesuai bentuknya yang tepat sambil jelaskan bentuk kepingan itu.

3. Mari meronce
Guntinglah kertas warna-warni beraneka bentuk seperti segitiga, atau bentuk lainnya yang sederhana seperti bunga, bulan sabit atau matahari dan diberi lubang di tengahnya.
Sediakan juga sedotan, benang wol. Lalu ajarkan si kecil meronce atau menyusun kertas bergantian dengan potongan sedotan sambil menyebutkan apa nama bentuknya.

4. Mari merangkai bunga
Siapan beberapa bunga, misalnya lima warna merah dan empat warna kuning. Lalu bersama dengan si kecil memasukkan satu-persatu bunga ke dalam gelas berisi air sambil menghitung bersama-sama, misalnya ‘masukkan dua tangkai bunga kuning ke dalamnya’ . Ini juga bisa mengajarkan warna-warna dasar kepada anak-anak.

5. Ayo susun batu
Ajak si kecil mengumpulkan batu-batu kecil atau kerikil, cuci bersih dan gunakan untuk bermain. Gunakan untuk menyusun bentuk-bentuk seperti segitiga, lingkaran atau persegi atau apapun yang diinginkan si kecil dan Anda bisa menjelaskan yang ingin diketahuinya.

6. Ayo Menggambar
Siapkan kertas kosong dan gambar titik-titik menyerupai suatu bentuk, yang sederhana saja, lalu mulailah bersama si anak untuk menyambung titik-titik itu hingga menjadi gambar yang utuh sambil dijelaskan apa yang sedang digambar.

0 comments:

Post a Comment